Bismillah

PhotobucketHidup Mengharuskan Anda Untuk Belajar Jika Anda Berhenti, Maka Anda Mati

Kamis, 28 Maret 2013

Perilaku Konsumen

B.  Perilaku Konsumen

1.  Pengertian Perilaku Konsumen
1.1 Menurut James F. Engel,Et.Al.(1968:8)
Tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut.
1.2  Menurut Gerald Zaltman Melanie Wallendorf(1979:6 )
Tindakan,proses, dan hubungan sosial yang dilakukan individu,kelompok,dan organisasi dalam mendapatkan,menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan produk,pelayanan,dan sumber-sumber lainnya.
1.3  Menurut David L. Loudon & Albert J. Della Bitta (1984:6)
Sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam proses mengevaluasi,memperoleh,menggunakan atau dapat mempergunakan barang-barang dan jasa.



2.  Model Sosialisasi Konsumen terdiri atas tiga Unsur Utama
1. Faktor latar belakang karakteristik konsumen seperti status sosial ,ekonomi,usia,kelas sosial dan agama.
2. Yang melakukan sosialisasi adalah seseorang yang secara langsung berhubungan dengan konsumen dan memiliki pengaruh terhadap konsumen tersebut.
3. Proses belajar dipengaruhi oleh orang yang melakukan sosialisasi tersebut dan akan mempengaruhi proses belajar konsumenmelalui proses belajar modeling,penguatan dan kognitif.Hasil akhir dari proses sosialisasi adalah konsumen yang telah tersosialisasi.

3.  MODEL SOSIALISASI KONSUMEN MOWEN DAN MINOR (1998)
Latar belakang:                                                 Pelaku Sosialisasi :
Status sosial ekonomi                                         Media
Jenis kelamin                                                        anggota
Umur                                                                     Keluarga
Kelas social                                                           Teman Dekat
Agama                                                                    Guru
Proses belajar:                                                   Hasil:
Model                                                                    Konsumen yang tersosialisasi
Penguatan
Tahap
Pengembangan
Kognitif

4.  Sosialisasi Anak Sebagai Konsumen
a.  Proses dimana seorang anak memperoleh pengetahuan dan ketrampilan serta sikap yang relevan dengan fungsinya sebagai konsumen di pasar.
b.  Proses sosialisasi ini di artikan juga sebagaimana proses seorang anak memperoleh pengetahuan tentang barang dan jasa serta pengetahuan konsumsi dan pencarian informasi serta ketrampilan untuk menawar barang dan jasa.

5.  faktor-faktor yang paling mempengaruhi perilaku konsumen Indonesia
Dalam buku Marketing Management: Twelfth Edition oleh Philip Kolter dan Kevin Lane Keller pada tahun 2006, perilaku pembelian konsumen sebenarnya di pengaruhi oleh faktor-faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Sedangkan faktor yang paling berpengaruh dan paling luas dan paling dalam adalah faktor budaya.

a.  Faktor budaya
Budaya, sub-budaya, dan kelas sosial sangat penting bagi perilaku pembelian. Budaya merupakan penentu keinginan dan perilaku pembentuk paling dasar.Anak-anak yang sedang tumbuh mendapatkan seperangkat nilai, persepsi, preferensi, dan perilaku dari keluarga dan lembaga-lembaga penting lainnya.
Masing-masing budaya terdiri dari sejumlah sub-budaya yang lebih menampakkan identifikasi dan sosialisasi khusus bagi para anggotanya. Sub-budaya mencakup kebangsaan, suku, agama, ras, kelompok bagi para anggotanya. Ketika sub-budaya menjadi besar dan cukup makmur, perusahaan akan sering merancang program pemasaran yang cermat disana.
b.  Faktor social
Selain faktor budaya, perilaku konsumen di pengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti kelompok acuan, keluarga, peran, dan status sosial. Kelompok acuan terdiri dari semua kelompok yang memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku orang tersebut.
Keluarga meruapkan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan para anggota keluarga menjadi kelompok acuan primer yang paling berpengaruh.
c.  Faktor pribadi
Keputusan membeli juga di pengaruhi oleh karakteristik pribadi. Karakteristik tersebut meliputi usia dan tahap dalam siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri, juga nilai dan gaya hidup pembeli.
d.  Psikologi
Titik awal untuk memahami perilaku konsumen adalah adanya rangsangan pemasaran luar seperti ekonomi, teknologi, politik, budaya. Satu perangkat psikologi berkombinasi dengan karakteristik konsumen tertentu untuk menghasilkan proses keputusan dan keputusan pembelian. Tugas pemasar adalah memahami apa yang terjadi dalam kesadaran konsumen antara datangnya rangsangan pemasaran luar dengan keputusan pembelian akhir. Empat proses psikologis (motivasi, persepsi, ingatan dan pembelajaran) secara fundamental, mempengaruhi tanggapan konsumen terhadap rangsangan pemasaran.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar