Bismillah

PhotobucketHidup Mengharuskan Anda Untuk Belajar Jika Anda Berhenti, Maka Anda Mati

Kamis, 08 Desember 2011

Pemuda Dan Sosialisasi

Pemuda dan Identitas
Pemuda adalah generasi yang dipundaknya dibebani berbagai macam harapan dan tujuan lainnya.hal ini dikarenakan pemuda sebagai generasi penerus yang akan meneruskan berbagai macam cita-cita bangsa dan negara hal ini pula yang menimbulkan banyaknya permasalahan yang dialami oleh pemuda zaman sekarang.
Didalam kehidupan nyata pemuda memiliki proses sosialisasi terhadap lingkungan sosialnya yang sangat menentukan untuk perkembangan kemampuan yang dimiliki masing-masing orang.
Seorang pemuda harus mampu menseleksi yang ada terhadap perkembangan dan kemungkinan yang ada agar para pemuda tidak terjerat dalam kehidupan yang akan menghancurkan cita-cita dan harapannya masing-masing.

Perkembangan dan pembinaan generasi pemuda
Pola dasar pembinaan dan pendidikan generasi muda di tetapkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan dalam keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor:0323/U/1978 tanggal 28 oktober 1978.
Pola dasar pembinaan dan perkembangan generasi muda adalah:
Landasan idiil                  : pancasila
Landasan konstitusional  : Undang-Undang dasar 1945
Landasan strategis           : Garis-garis Besar Haluan Negara
Landasan History            : Sumpah pemuda 28 oktober 1928 dan prolamasi kemerdekaan 17 agustus 1945.
Landasan normatif          : Etika,tata nilai dan kebudayaan luhur.
Tanpa ikut sertanya pemuda dalam pembangunan suatu negara akan berjalan sulit,bukan karena pemuda sebagai lapisan masyarakat yang cukup besar tetapi juga tanpa adanya kegairahan dan kreatifitas dalam menciptakan pembangunan nasional akan berjalan sulit.
Dalam hal ini pengembangan dan pembinaan generasi muda menyangkut dua pengertian pokok yaitu :
1. generasi muda sebagai subyek pengembangan dan pembinaan adalah mereka yang memiliki bekal-bekal dan landasan untuk mandiri dalam keterlibatannya.
2. Generasi muda sebagai obyek pembinaan dan pengembangan ialah mereka yang masih memerlukan pengembangan dan pengembangan pendidikan ke arah pertumbuhan potensi dan kemampuan ke tingkat yang optimal.
Permasalahan generasi pemuda :
1. Dirasa menurunkan jiwa idealisme, patriotisme dan nasionalisme dikalangan masyarakat.
2. Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
3. Belum seimbangan antara jumlah generasi muda dengan fasilitas berpendidikan.
4. Kurangnya lapangan kerja/kesempatan kerja dan tingginya jumlah pengangguran.
Sosilaisasi adalah proses meningktkan kerja sama antara individu yang satu dengan yang lainnya.sehingga terjadi hubunga timbal balik yang akan menyusun sebuah rankaian sistematis dalam kehidupan masyarakat dan pemuda adalah generasi yang akan menyusun sebuah harapan untuk mengembangkan keinginan dan cita-cita dalam kehidupan nyata.

Opini
Jiwa pemuda merupakan jiwa yang kuat dan selalu bersemangat dalam keadaan apapun, serta pantang menyerang dalam menghadapi cobaan cobaan dan terus berusaha. Sebagai mana untuk menentukan masa depan kita harus bisa memilih apa yang baik untuk diri kita sendiri.
Akibat dari kegagalan dalam menentukan identitas dapat menyebabkan tindakan kriminal seperti pencurian,pemerkosaan,pembunuhan,dll. Untuk itu pemuda saat memerlukan sebuah bimbingan dalam membina ataupun menjalankan hidup dalam membentuk karakter.
Apabila kita ingin disebut PEMUDA janganlah sekali-kali melakukan tindakan yang dapat merugikan orang lain maupun diri sendiri, harus pandai dalam memilih pergaulan demi mewujudkan masa depan yang Cerah !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar